Monday, October 27, 2014

Berbakti Kepada Orang Tua

Seperti yang termaktub dalam QS. Al-Ankabut: 8:

 وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حُسْنًا وَإِنْ جَاهَدَاكَ لِتُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ (8
Artinya: "Dan Kami wajibkan kepada manusia agar berbuat kebaikan kepada kedua orang tuanya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau patuhi keduanya. Hanya kepada-Ku tempat kembalimu, dan akan Aku beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." 

Asbabun Nuzul ayat 8: Sa'ad bin Abi Waqash berkata," Ayat ini diturunkan berkenaan dengan ibuku yang mengetahui bahwa aku telah masuk Islam, suatu hari berkata, " Bukankah Allah telah menyuruhmu untuk berbakti kepada orang tua? Demi Tuhan aku tidak akan makan dan minum hingga aku mati, atau kamu kembali kafir." (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Al-Ahqof: 15:

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ (15
Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah pula. Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, "Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhoi, dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertaubat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang Muslim".

dan Luqman: 14:

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ (14
Artinya: "Dn Kmi perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalan keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu."
Rasulullah bersabda yang artinya: "Orang yang mempunyai sebesar-besar hak atas seorang (anak) itu ialah ibunya." (HR. Hakim).

Hak orang yang harus dipenuhi oleh seorang anak ialah sebagai berikut:
  1. Apabila orang tua menghajati makanan, maka hendaklah kita penuhi.
  2. Apabila ia menghajati pakaian, hendaklah kita berikan/penuhi.
  3. Apabila ia berhajat kepada penghitmatan, hendaknya kita laksanakan.
  4. Apabila ia memanggil kita, hendakmya kita menjawab atau mendatangi.
  5. Apabila ia menyuruh, hendaknya kita taati selama perintahnya tidak melanggar larangan-larangan Allah SWT.
  6. Melemah lembutkan suara apabila kita berbicara dengannya.
  7. Memanggilnya dengan panggilan yang menyenangkan hatinya.
  8. Berjalan di belakangnya.
  9. Menyukai untuk keduanya apa yang kita sukai apabila sesuai dengan kehendak Islam. Artinya: Segala laku perbuatan dan tindakannya kita bela dan kita dukung apabila tidak ma'siat kepada Allah SWT.
  10. Memohonkan ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa orang tua kita.
Faedah Anak yang berbakti Kepada Orang Tua
  1. Memuliakan bapak adalah suatu amalan yang amat disukai oleh Allah, menyamai pahala jihad di jalan Allah.
  2. Memuliakan ibu bapak menyamai pahala haji dan umrah.
  3. Memuliakan ibu bapak menghasilkan kenikmatan syurga.
  4. Memuliakan ibu bapak menambah umur yang berkah dan memberkahkan harta dan rezeki.
  5. Memuliakan ibu bapak jaminan bagi kita masuk syurga.
  6. Memuliakan ibu bapak menghilangkan gundah gulana dan hati duka.
  7. Memuliakan ibu bapak menghasilkan keridhoan Allah SWT.
Agenda Muslimah


EmoticonEmoticon